Tentang Kontribusi

Blog Pribadi Abu Ezra Al Fadhli

Kita sepakat bahwa seorang muslim wajib berkontribusi dalam dakwah dan jihad, sekecil apapun kontribusinya. Baik itu dengan menggunakan harta, tenaga, pikiran, jiwa, dan raga. Setiap orang dengan kompetensinya masing-masing bisa menyumbangkan apa yang ia miliki sebagai bagian dari kontribusinya untuk Islam.

Namun demikian seseorang tidak bisa memaksakan orang lain untuk berkontribusi dengan sesuatu yang sama. Sesuatu yang sesuai dengan apa yang ia atau golonganya miliki. Hal ini disebabkan bahwa setiap orang memiliki kapasitas ilmu, pengatahuan, dan pemahaman yang berbeda-beda dalam tataran praktis. Islam tidak menghendaki semua orang menjadi ahli fiqih, sebagaimana Islam juga tidak menghendaki semua orang menjadi ahli kesehatan. Semua memiliki porsinya, dan peradaban yang akan dibangun membutuhkan semua itu.

Kita tidak menutup mata bahwa ada sebagian orang yang memiliki multi talenta dalam ilmu dan pengetahuan sehingga ia bisa menjadi ahli fiqih sekaligus tabib yang ahli, bahkan memahami dengan mendalam tafisr Al-Quran dan ilmu Hadits. Namun, jumlah orang seperti…

Lihat pos aslinya 138 kata lagi

Iklan

One thought on “Tentang Kontribusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s