Dosa dan Karbon Monoksida

This post originally taken from kuntawiaji.tumblr.com
This post originally taken from kuntawiaji.tumblr.com

“Know that if people are impressed with you, in reality they are impressed with the beauty of Allah’s covering of your sins.” [Ibnu Al-Jauzi]

Karbon monoksida (CO) adalah gas beracun yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa. Ikatannya terhadap hemoglobin (Hb) adalah 200 kali lebih kuat dibandingkan oksigen. Selain zatnya sendiri yang bersifat toksik, di dalam tubuh ia mengurangi ikatan Hb dengan oksigen sehingga tubuh semakin lama semakin kekurangan oksigen. Dan kemudian lama-kelamaan kita pun mati.

Mungkin itu juga perumpamaan dosa. Dosa tidak berwarna, tidak berbau, tidak dapat dirasakan kehadirannya oleh orang lain, sering juga oleh diri sendiri. Dosa bersifat toksik bagi tubuh. Semakin lama akan semakin bertumpuk hingga akhirnya diri kita kehilangan hati nurani diri kita sendiri. Dosa tidak berwarna, tidak berbau, tidak dapat dirasakan oleh orang lain.

Imam Adz-Dzahabi berkata, seandainya dosa memiliki bau, niscaya tidak ada seorang pun yang akan duduk bersama kita. Seandainya dosa berbau, berwarna, dan dapat dirasakan, kita akan malu untuk berinteraksi dengan orang lain. Kita malu semalu-malunya. Tidak akan kita keluar rumah barang sejengkal dan sedetik pun. Kita tutup pintu kita rapat-rapat hingga kita rela untuk tenggelam dalam lautan dosa kita sendiri.

Seperti nasehat Ustadz Salim A. Fillah, janganlah kita berbangga dengan menjulangnya nama kita, berlimpahnya hidup kita, karena semua itu semata-mata karena Allah menutup aib kita. Semua itu semata-mata karena Allah begitu baiknya membuat dosa menjadi tidak berbau dan tidak berwarna. Kita dihargai oleh orang lain karena Allah menutup dosa kita, menutupi kesalahan dan kekhilafan kita. Karena itu lah, mudah-mudahan kita tidak lagi membuka dosa dan aib saudara kita, seperti halnya kita tidak ingin aib dan dosa kita diketahui.

Nasihat ini ditujukan pertama kali untuk diri saya sendiri. 😥

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s