Lup

Allaahummarhamna bil Qur'an...
Allaahummarhamna bil Qur’an…

Ini kaca pembesar yang biasa dipakai bapak buat membaca Qur’an, meski sambil terbata-bata dan menyipit-nyipitkan mata, karena mungkin penglihatannya tidak sejelas dulu, sewaktu masih muda.

Iya, alhamdulillaah, bapak masih bersemangat, meski untuk bertahan dengan semangatnya, beliau harus berjuang dengan keterbatasannya sendiri; sehat dan waktu luang. Semoga Allaah mengistiqomahkannya dan menetapkan amalnya sebagai amal yang Allaah ridhai.

Tapi kaca pembesar bapak seperti mengingatkan saya bahwa…

Belajarlah Al-Qur’an selagi kita tak butuh alat bantu untuk mendekatkan diri dengannya. Selagi penglihatan kita sehat, lidah belum kelu, pendengaran masih peka, dan daya ingat belum melemah kronis.

Kita tidak tahu bagaimana masa tua kita. Itupun jika diberi panjang umur, bisa merasakan menjadi manula. Mungkin saja kelak ada masanya kita merasa begitu kepayahan dalam menghafal satu ayat pendek saja. Jangankan menghafal, membacanya saja mungkin sudah sangat menguras keringat. Maa syaa Allaah.

Memang benar, jika yang dibaca adalah Al-Qur’an, sepayah apapun kita mengeja kalimatnya, Allaah akan menetapkannya sebagai pahala. Namun, tidakkah kita iba -pada diri kita sendiri- jika seumur hidup terus terbata-bata membaca petunjuk?

Al-Qur’an masih setia menunggu kita menyempatkan waktu untuknya. Namun sayangnya kita terus saja mengulur dan berharap kelak akan bisa ditarik lagi. Kita pikir usia kita serupa dengan benang layang-layang, bisa ditarik ulur?

Tak terasa kita datangi ia di penghujung waktu, di sisa usia dan kekuatan kita. Kacamata tebal pun kelak menjadi saksi, betapa masa muda begitu cepat berlalu.

Semoga tidak banyak yang kita sesali di masa tua kita kelak.

Allaahummarhamna bil Qur’an…

~Kontemplasi Hari Arafah 1436 H~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s