Selamat Dunia Akhirat(?)

fitrah anak

Papan baliho iklan sebuah sekolah kenamaan yang mejeng di pinggir jalan yang biasa saya lewati, ternyata berhasil mengusik perhatian. Strategi marketing yang sukses. Jargonnya nggak nanggung. “Selamat Dunia Akhirat”. Sambil lewat, saya hanya bisa mengamini. Mudah-mudahan segenap jajaran instansi sekolah tersebut benar-benar berkomitmen dengan visinya. Kerja keras.

Selamat dunia akhirat. Tentu ini sebuah visi besar yang harus diapresiasi. Rata-rata sekolah berbasis Islam memanggul cita-cita yang sama. Namun mengawal proses untuk mewujudkannya adalah konsekuensi lain dari ‘iming-iming’ itu. Sungguh, keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak selalu berbanding lurus dengan sarana dan fasilitas di dalamnya.

Memilihkan sekolah atau metode pendidikan terbaik bagi anak-anak kita memang bagian dari ikhtiar. Namun buah dari ikhtiar tidak jatuh jauh dari tujuan dan niat kita. Bagi lembaga maupun nonlembaga pendidikan pun demikian. Menyediakan berbagai fasilitas terbaik bagi anak didik juga bagian dari ikhtiar. Namun ketiadaan sumber daya manusia yang beradab, menjadikan segala fasilitas itu tiada artinya. Niat yang benar tidak selalu berbuah baik. Ikhtiar yang baik juga tidak selalu berdasar niat yang benar. Keduanya disebut ujian. Namun semestinya, niat yang jujur sejalan dengan ikhtiar yang benar.

Guru-guru berkualitas internasional bisa saja kita ‘beli’ ilmu dan pengalamannya. Namun, tidak ada yang mampu membeli keikhlasannya, kecuali Allaah. Anak-anak yang lugu, polos, dan lucu-lucu itu bisa saja kita titipkan pada lembaga-lembaga berkelas internasional. Namun, tidak ada yang ‘menjual’ fitrahnya yang bersih dan lurus, kecuali Allaah.

Lalu berhasratkah kita para orangtua dan pendidik ‘membeli’ fitrahnya? Tidak ada alat tukar fitrah anak-anak kita selain dengan fitrah itu sendiri. Tukar dengan iman kita. Tukar dengan doa kita. Tukar dengan kesabaran kita. Tukar dengan keikhlasan kita. Tukar dengan ikhtiar terbaik kita; ikhtiar yang diridhai-Nya.

Laa haula walaa quwwata illaa billaah…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s