Mie Ayam A la Kadarnya :D

Favorit nih. Lebih suka mie ayam daripada bakso. Hihihi. Alhamdulillaah, pernah dapat resep mie ayam homemade dari seorang ummahat. Udah lama banget dapet resep ini. Prakteknya juga udah lama banget. Belum praktekin lagi. Wuaaa, saya sudah lama ga eksperimen di dapur, hiks. Jadi maaf ya, ini nostalgia resep ceritanya. 😀
Bahan utama:
  1. Ayam 250 g, cuci bersih, rebus, potong dadu/suwir-suwir (Karena saya belinya ayam pedaging -ayam kampung mahal, hehe- jadi air rebusannya (air kaldunya) saya buang, saya agak ngeri sama isu ayam pedaging yang disuntik hormon, huhuhu ><)
  2. Mie telor 1 bungkus
  3. Sawi hijau 100 g (kemarin saya beli 4000, cuma kepake 2000, alias 1/2 iket) cuci bersih, potong-potong, rebus, sisihkan
  4. Daun bawang secukupnya (kemarin saya beli 500, cuma kepake 2 helai) cuci bersih, potong-potong, sisihkan
  5. Minyak untuk menumis
  6. Air 500 ml (untuk kuah)

Bahan bumbu (kuah ayam):

  1. Bawang putih 2 siung
  2. Merica 1/2 sdt
  3. Kunyit 1 ruas jari, bersihkan, bakar sebentar (biar ga langu dan lebih sedep, katanya)
  4. Kemiri 1/2 butir
  5. Daun jeruk 2 helai
  6. Sereh 1 batang, geprek
  7. Salam laos secukupnya
  8. Gula jawa 50 g, sisir (kira-kira seukuran 2 sdm)
  9. Kecap 3 sdm
  10. Garam secukupnya
Bahan tambahan:
  1. Bakso
  2. Bawang goreng
  3. Pangsit (kemarin ga pake, ga ada stok di rumah, haha)
  4. Kerupuk
  5. Acar mentimun (kemarin ga pake, ga sempet ngacar)
  6. Saos/sambel
Cara membuat:
  1. Didihkan air. Rebus mie dengan 2 sdm minyak goreng, biar ga lengket. Masak selama 2-3 menit. Angkat, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu nomor 1-4
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan bumbu nomor 5-7. Tumis sampai layu. Tambahkan air, gula jawa, dan ayam yang telah dipotong-potong. Masak hingga mendidih. Tambahkan kecap dan garam. Angkat. (Note: Menambahkan garam sebaiknya di akhir proses ya, karena yodium punya sifat ga tahan panas. Sayang kalo rusak karena dipanasin terlalu lama #nutritionfacts)
  4. Siapkan wadah penyaji. Tata mie dan sawi. Siram dengan kuah ayam. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Tambahkan bakso/pangsit/kerupuk/acar/seadanya bahan. Kalo rasanya kurang mantep, tambahkan garem/kecap/sambel sendiri sesuai selera.
  5. Alhamdulillaah, siap disantap. Jangan lupa basmallah yaaa 😀
Hasil jadi: 4 porsi
 
Nilai gizi per porsi:
  • Energi : 498 kkal
  • Protein : 22,3 g
  • Lemak : 27,5 g
  • Karbohidrat : 40,6 g
  • Kolesterol : 49,4 g
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s